Antara Lethek Dan Ngateman


Saya punya saudara lumayan dekat, karena jarak rumah saya dan saudara saya ini hanya 5 menit perjalanan, tentunya dengan jalan kaki. Kalo menggunakan sepeda motor, mungkin bau asap knalpot di rumah saya belum hilang, saya sudah sampai dirumahnya.

Kata simbok saya, beliau ini masih salah satu simbah saya, jadi saya harus memanggilnya simbah kakung, karena beliau ini laki-laki tulen, bukan laki-laki jadi-jadian.

Simbah saya ini merupakan adik dari ayahnya simbok saya, jadi simbok saya memanggilnya Pak Lek atau Lek saja, nama beliau ini aselinya Ngateman, tapi lebih sering dipanggil Lethek.

Kok bisa begitu ..?

"Lha mbuh aku yo ra mudeng" ( Entahlah saya juga tidak tahu )

Mungkin karena orangnya kecil, hitam dan mengkilap.

Mbah Lethek saya memanggilnya, karena memang lebih familiar dipanggil begitu, beliau ini berprofesi sebagai Blantik Wedhus, bahasa kerenya penjual kambing.

Karena saking lamanya bergelut dengan dunia kewedhusan, mungkin beliau ini sampai hafal dengan hal-hal yang berhubungan dengan wedhus atau kambing,

Mulai dari bau kambing, sampai tahi kambing, jadi kalo cuma bersenggolan dengan kambing, jadi satu dengan kambing di dalam mobil, atau terkena tahi kambing, hal-hal seperti itu sudah biasa bagi mbah Lethek.

Nah hal yang membuat saya merasa heran, meskipun nama asli simbah kakung saya Ngateman, tapi justru lebih terkenal nama panggilannya, yaitu Lethek.

Bahkan orang satu kampung saja, banyak yang tidak tahu nama aslinya, tapi tahu nama kerennya, lha wong tetangga depan rumahnya saja sampai tidak tahu kalo nama asli dari Mbah Lethek itu Ngateman. 




8 komentar:

  1. Ha ha ha orang dulu mah gitu asal aja kalau ngasih juklukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan justru julukannya yang lebih terkenal dari pada nama aslinya

      Hapus
  2. itulah efek dari dari nama keren mas. saking kerennya nama asli jadi ilang tak dikenal orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, kadang saya juga lebih terkenal nama julukannya

      Hapus
  3. semabrang ganti - ganti nama orang,,, padahal nama itu doa yah mang hag hag... semoga usaha perwedusannya semakin lancar sulancar buat mbah lethek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin mas, semoga usaha perwedusan mbah lethek semakin maju dan lancar

      Hapus
  4. lha ini akibat dari orang yang jarang dateng sillaturrahmi ke tetangga sampai sampai nama asli tetangga aja nggak tahu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya sudah terlanjur terkenal nama julukannya mas

      Hapus

Antara Lethek Dan Ngateman